Rabu, 28 Desember 2011

Singing Tips


Menyanyi adalah salah satu hal yang paling lumrah yang dilakukan manusia. Bahkan ada yang menjadikannya sebagai mata pencarian, yaitu menjadi penyanyi. Ada beberapa orang yang memang diberikan karuni/talenta dalam bidang tarik suara sejak lahir sedangkan beberapa berusaha menjadi penyanyi lewat cara latihan dan kursus dan yang lainnya memang memiliki passion dalam bidang ini. Ada orang yang senang menunjukkan bakat menyanyi kepada banyak orang dan senang untuk tampil di depan panggung (just like me.LOL), sedangkan beberapa orang hanya menyalurkan bakat tersembunyi mereka lewat nyanyian yang dikumandangkan di dalam kamar mandi, dsb.
 
Musik adalah bagian dari hidup saya. To be honest, tiada hari tanpa menyayi bagi saya. Saya menyanyi dimanapun saya berada, baik ketika saya di kamar, di kamar mandi, di kampus, kapanpun dan dimanapun saya bisa.hahaha :D Selain menyalurkan hobi dan talenta, itu merupakan metode yang baik untuk terus mengasah kemampuan saya dalam bernyanyi. Latihan adalah salah satu hal paling mujarab dalam memperbaiki suara kamu dalam bernyanyi. Hal yang dilakukan secara terus-menerus dan berulang-ulang, akan menjadi mudah pada akhirnya dan kita akan menguasai hal tersebut. Ibarat pisau jika terus diasah maka akan menjadi tajam, jika tidak diasah pasti akan menjadi tumpul.


Okay! anyway..... Pada saat ini saya akan berbagi sedikit tips dalam bernyanyi yang saya pelajari dan dapatkan:
  • Ketika bernyanyi, pastikan kamu RILEKS/SANTAI. Hal ini sangat penting dalam bernyanyi. Ketika kita rileks, akan lebih mudah bagi kita untuk menjiwai makna lagu yang kita bawakan dan kita akan meminimalisir kesalahan-kesalahan dalam bernyanyi seperti lupa lirik, nada-nada yang salah/fals, dsb. Bagaimana caranya agar kita bisa santai? Well, tidur yang cukup, pikirkan hal-hal yang positif dan tanamkan dalam pikiran kamu bahwa kamu pasti bisa, sebelum tampil tarik nafas yang dalam dan panjang. Hal lain yang dapat membantu kita rileks adalah NYAMAN. Kamu harus nyaman dengan dirimu sendiri, lagu yang akan dibawakan, dan dengan musik pengiring. Pastikan lagu tersebut berada dalam jangkauan vokal anda, tidak terlalu tinggi ataupun terlalu rendah. Video dibawah ini mungkin dapat membantu kamu mengatasi nervous/stage fright/anxiety sebelum tampil (Saya sudah mencobanya dan berhasil! :D):
 
  • Drink a lot of water. Minum Air jernih sesering mungkin. Hindari minuman bersoda dan perbanyak minum air jernih. Air dapat membantu melembabkan tenggorokan kamu sehingga dapat mencegah suara parau dan mengendurkan otot-otot di tenggorokan yang tegang.
  • Ada penyanyi yang terdengar kurang bagus, atau amatir, atau suara yang kurang dipoles. dan masalah tersebut terkadang terjadi untuk alasan yang sangat simple. LIDAH! ketika kamu bernyanyi, apakah kamu sadar terkadang pada saat kamu akan 'menembak' nada-nada tinggi, lidah kamu naik dan menutupi jalan keluarnya suara kamu sehingga menyebabkan suara yang keluar terdengar seperti disqueeze atau dipaksa dan tidak natural? Cobalah bernyanyi didepan cermin dan perhatikan bentuk lidah kamu ketika bernyanyi. apakah naik atau tidak? Thank God if it didn't raise up. Posisi lidah yang baik ketika bernyanyi adalah Lidah 'terbaring' di bagian bawah mulut dan ujung lidah menyentuh bagian ujung mulut, dibawah gigi. Well, it's kinda hard for me to explain it so better use visual. Check this video out!
  •  Ketika bernyanyi gunakan DIAFRAGMA bukan dada untuk mengambil nafas. ketika mengambil nafas, yang naik/maju perut bukan dada agar nafas menjadi lebih panjang dan dapat men-support nyanyian kamu lebih baik. Faktanya, ketika kita menyanyi biasa, tanpa dipaksa seperti bicara, kita menggunakan diafragma. anehnya, semakin tinggi nada yang akan dinyanyikan atau semakin panjang nada yang harus ditahan, kita cenderung menarik nafas dada sehingga mengacaukan segala sesuatu. untuk itu kita harus rileks/santai dan perbanyak olahraga seperti lari untuk memperkuat diafragma kita.
  • LATIHAN! people says: Practice makes perfect! and it's so damn true! perbanyak latihan, ketika ada kesempatan untuk bernyanyi dan menunjukkan kemampuanmu, majulah dan tampil. hal tersebut sangat baik untuk memperbaiki penampilan kamu baik secara suara maupun hal-hal yang mendukung.
Masih banyak tips yang ingin saya bagikan akan tetapi untuk saat ini, beberapa poin diatas menurut saya sudah cukup. I hope to share you all so much more later! Hope you enjoy my quick tips on how to song well. Harap dimaklumi untuk gaya bahasa saya yang mungkin agak susah dimengerti because I'm a newbie in writing. hehehe Please feel free to give comments, critics. a constructive one, please! GBU

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management